Introvert bukan Pemalu

Judul: Jangan Bilang Kamu Enggak Bakalan Sukses Bergaul!
Penulis: Gloria Morgen
Penerbit: Grasindo
Tahun Terbit: Jakarta 2017
Tebal Hal: 172 Hlm.


Kata orang, enggak ada yang namanya kata terlambat. Atau mungkin pernah dengar kalimat, "Lebih Baik Terlambat daripada Tidak Sama Sekali. Saya rasa dua ungkapan tersebut benar adanya. Seperti yang saya rasakan sekarang ini.



Mengenali diri sendiri di usia yang hampir seperempat abad mungkin terdengar percuma. Tapi, dengan mengetahui karakter diri sendiri, kita jadi bisa memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita. Selain itu, juga bisa menjadi bekal kita di masa depan saat bertemu dengan seorang introvert ataupun saat mendidik anak kita kelak.

Dalam buku ini dijelaskan bahwasannya, introvert serta pemalu merupakan dua hal yang berbeda. Karena banyak orang awam menganggap keduanya adalah hal yang sama. Introvert adalah keadaan yang dibawa seseorang dari lahir, tidak bisa disembuhkan karena dia bukan penyakit. Berbeda dengan pemalu, ada sesuatu yang salah. Kenapa orang tersebut bisa menjadi seorang yang pemalu dan bagaimana mengatasinya.

Selain dituntun untuk mengetahui jenis kepribadian yang bagaimana kita, Gloria Morgen juga menunjukkan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan seorang introvert yang tetap asyik, menarik, tapi tidak mengusik. Maksudnya, terkadang banyak yang menganggap introvert yang pemalu lalu memaksakan mereka untuk lebih banyak bergaul, memaksakan mereka untuk lebih banyak bicara. Padahal kenyataannya mereka butuh waktu yang lebih lama untuk memproses hal-hal demikian.

Introvert senang bergaul dan berbicara, hanya saja porsinya tidak bisa sama dengan ekstrovert. Hal ini juga yang perlu diperhatikan banyak orang. Dia tidak bisa menyamakan perlakuan antara ekstrovert dan introvert. Keduanya punya treatment yang berbeda. Nah, di buku ini dijelaskan hal-hal apa saja yang menyenangkan untuk introvert maupun ekstrovert.

#RCO8
#OneDayOnePost
#ReadingChallengeODOP8
#pengembangandiri

3 komentar:

  1. Mengenali diri sendiri itu memang penting ya kak.

    BalasHapus
  2. setuju mbak, tidak ada kata terlambat dalam memulai kebaikan, mengenal , memahami diri juga suatu kebaikan yang sangat penting,
    Berbahagialah yang sudah bisa menhyenali dirisendiri

    BalasHapus
  3. Iya, bukan pemalu..bahkan kalau udah kenal bisa malu²in wkwkk

    BalasHapus

Asperger, OCD, dan Arsitektur

Judul : Garis Lurus Penulis : Arnozaha Win Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama Tahun terbit : 2019 Halaman : 296 halaman Blurb: Tidak banya...